Kamis, 30 Mei 2013

Merga SiliMa

Ketika seorang suku karo bertemu dengan suku karo lainnya, umumnya yang akan ditanyakan adalah, “kai mergandu?, bere-bere kai kam?”  ya kira kira itulah yang disebut dengan ertutur atau berterombo yakni mencari tahu nama kekerabatan satu sama lain atau tutur. merga merupakan marga dari pihak ayah, bere-bere merupakan marga pihak ibu namun untuk perempuan tidak disebutkan merga tapi beru. Pada prinsipnya setiap suku karo pasti ada ikatan saudara, bersaudara dalam defenisi dan tingkatan seperti apa? itulah yang harus ditilik lebih jauh. Setelah jelas makan akan lahirlah pertanyaan, “jadi kai dage tuturta?” atau dalam lagu lagu karo dikatakan, “adi bage kai dage sibahan orat tuturta ?”  :D
Namun mungkin saja  sekarang akan jarang kita temui pemuda/i karo  paham perihal tutur ini dengan detail bahkan di tanah karo sekalipun apalagi di perantauan, tapi sekali lagi ini hanya kemungkinan :lol: , Sebenarnya saya sendiri pun tidak terlalu hattam namun dulu pernah tahu karna Ayah saya sering menjelaskan, tapi akirnya lupa juga.. :oops: Bahkan nama blog ini yang saya namakan sesuai dengan sub marga saya, ternyata saya salah mengeja :oops: hahaha seharusnya berarti sinisuka.wordpress.com bukan sinusuka.wordpress.com. Tapi ya sudah lah….   itulah alasan saya ingin mencari tahu dan menuliskan kembali perihal ini untuk mengingatkan saya bahwa ada kekayaan budaya yang setidaknya tidak bisa saya lupakan sebagai warisan keluarga saya dan juga tentunya anugerah Tuhan yang besar.
Banyak kisah, kontrovesi dan nilai-nilai yang menarik tentang Suku karo, mulai dari kisah kerajaan haru-karo, penemu kota medan, Putri Hijau, aksara karo, catur karo, kontroversi kebatakan suku karo yang diperdebatkan  banyak sejarawan, sampai kisah “300″ epik kolosal suku karo di Aceh. Namun karna kurangnya referensi yang memadai rasanya itu akan menjadi tugas yang berat. Kita akan coba membahas hal-hal yang sederhana yang saya coba sadur dari berbagai sumber yang bisa saya peroleh.
Group of Karo Warriors
Sekali lagi ini merupkan rangkuman yang saya peroleh dari berbagai sumber, karna sudah jelas saya bukan professor dibidang budaya karo, :D Enjoy!!
  • MERGA/MARGA.

Merga dalam arti kata harafiah dalam bahasa karo adalah mahal dan inilah yang dikonotasikan menjadi Fam keluarga Patrilineal di suku karo.
Secara umum ada lima marga suku karo, yang disebut dengan merga silima yaitu:
I.     Ginting
II.   Karo-Karo
III. Peranginangin
IV.  Sembiring, dan
V.    Tarigan
Dari kelima marga ini masing-masing memliki submarga tersendiri dan sedianya adalah penghuni awal dari suatu desa tertentu, sehngga disebut si mantek kuta dari desa itu. Yang menarik dalam penyampaian sejarah asal usul marga ini dari turun-temurun kadang ada bahasa penyampaiannya hiperbola, fakta dikemas dengan narasi fiktif sehingga perlu effort yang lebih untuk memahaminya. Submarga masing-masing antara lain:

I. Ginting
Merga Ginting terdiri atas beberapa Sub Merga seperti :
1. Ginting Pase
Ginting Pase menurut legenda sama dengan Ginting Munthe. Merga Pase juga ada di Pak-Pak, Toba dan Simalungun.
2. Ginting Munthe
Menurut cerita lisan karo, Merga Ginting Munthe berasal dari Tongging, kemudian ke Becih dan Kuta Sanggar serta kemudian ke Aji Nembah dan terakhir ke Munthe. Sebagian dari merga Ginting Munthe telah pergi ke Toba (Nuemann 1972 : 10), kemudian sebagian dari merga Munthe dari Toba ini kembali lagi ke Karo. Ginting Muthe di Kuala pecah menjadi Ginting Tampune.
3. Ginting Manik
Ginting Manik menurut cerita masih saudara dengan Ginting Munthe. Merga ini berasal dari Tongging terus ke Aji Nembah, ke Munthe dan Kuta Bangun. (R.U. GINTING, SH). Merga Manik juga terdapat di Pak-pak dan Toba.
4. Ginting Sinusinga
Menurut penulis, sejarah Ginting Sinusinga belum lagi jelas, akan tetapi mereka adalah pendiri kampung Singa.
5. Ginting Seragih
Menurut J.H. Neumann, Ginting Seragih termasuk salah satu merga Ginting yang tua dan menyebar ke Simalungun menjadi Saragih, di Toba menjadi Seragi.
6. Ginting Sini Suka
Menurut cerita lisan Karo berasal dari Kalasan (Pak-Pak), kemudian berpindah ke Samosir, terus ke Tinjo dan kemudian ke Guru Benua, disana dikisahkan lahir Siwah Sada Ginting (Ginting 9 bersaudara), yakni :
- Ginting Babo
- Ginting Sugihen
- Ginting Guru Patih
- Ginting Suka ( ini juga ada di Gayo / Alas)
- Ginting Beras
- Ginting Bukit (juga ada di Gayo / Alas)
- Ginting Garama (di Toba menjadi Simarmata)
- Ginting Ajar Tambun, dan
- Ginting Jadi Bata.
Kesembilan orang merga Ginting ini mempunyai seorang saudara perempuan bernama ” Bembem br Ginting”, yang menurut legenda tenggelam ke dalam tanah ketika sedang menari di Tiga Bembem atau sekarang Tiga Sukarame, kecamatan Munte.
7. Ginting Jawak
Menurut cerita Ginting Jawak berasal dari Simalungun. Merga ini hanya sedikit saja di daerah Karo.
8. Ginting Tumangger
Hingga sampai saat ini penulis belum mengetahui asal-usulnya, akan tetapi merga ini juga ada di Pak Pak, yakni merga Tumanggor.
9. Ginting Capah
Penulis juga belum mengetahui asal-usulnya, akan tetapi Capah berarti “tempat makan besar terbuat dari kayu”, atau piring tradisional Karo.
Jadi total ada 17 Submarga ginting. meskipun siwah sada ginting bisa dikategorikan serupa tapi tak sama :) , dalam tutur sering kesembilan marga siwah sada ginting disebut ersembuyak atau bisa dikategorkan sebagai satu submarga.

II. Karo-Karo
Merga Karo-Karo terbagi atas beberapa Sub Merga, yaitu :
1. Karo-Karo Purba
Merga Karo-Karo Purba menurut cerita berasal dari Simalungun. menrut legenda disebutkan Purba beristri dua, seorang puteri umang dan seorang ular. Dari isteri umang lahirlah merga-merga :
~ Purba
Merga ini mendiami kampung Kabanjahe, Berastagi dan Kandibata.
~ Ketaren
Dahulu rupanya merga Karo-Karo Purba memakai nama merga Karo-Karo Ketaren. Ini terbukti karena Penghulu rumah Galoh di Kabanjahe, dahulu juga memakai merga Ketaren. Menurut budayawan Karo, M.Purba, dahulu yang memakai merga Purba adalah “Pa Mbelgah”. Nenek moyang merga Ketaren bernama “Togan Raya” dan “Batu Maler” ( referensi K.E.Ketaren).
~ Sinukaban
Merga Sinukaban ini sekarang mendiami kampung Kaban. Mungkin sekali yang disebut ibu umang tersebut, karena kemudian ia menghilang tak diketahui rimbanya.
Sementara dari isteri ular lahirlah anak-anak yakni merga-merga :
* Karo-Karo Sekali
Karo-Karo sekali mendirikan kampung Seberaya dan Lau Gendek, serta Taneh Jawa.
* Sinuraya / Sinuhaji
Merga ini mendirikan kampung Seberaya dan Aji Siempat, yakni Aji Jahe, Aji Mbelang dan Ujung Aji.
* Jong / Kemit
Merga ini mendirikan kampung Mulawari.
* Samura, di Samura dan
* Karo-Karo Bukit, di Bukit.
Kelima Sub Merga ini menurut cerita tidak boleh membunuh ular. Ular dimaksud dalam legenda Karo tersebut, mungkin sekali menggambarkan keadaan lumpuh dari seseorang sehingga tidak bisa berdiri normal.
2. Karo-Karo Sinulingga
Merga ini berasal dari Lingga Raja di Pak-Pak, disana mereka telah menemui Merga Ginting Munthe. Sebagian dari Merga Karo-Karo Lingga telah berpindah ke Kabupaten Karo sekarang dan mendirikan kampung Lingga.
Merga ini kemudian pecah menjadi sub-sub merga, seperti :
- Kaban
Merga ini mendirikan kampung Pernantin dan Bintang Meriah,
- Kacaribu
Merga ini medirikan kampung Kacaribu.
- Surbakti
Merga Surbakti membagi diri menjadi Surbakti dan Gajah. Merga ini juga kemudian sebagian menjadi Merga Torong.
Menilik asal katanya kemungkinan Merga Karo-karo Sinulingga berasal dari kerajaan Kalingga di India. Di Kuta Buloh, sebagian dari merga Sinulingga ini disebut sebagai “Karo-Karo Ulun Jandi”. Merga Lingga juga terdapat di Gayo / Alas dan Pak Pak.
3. Karo-Karo Kaban
Merga ini menurut cerita, bersaudara dengan merga Sinulingga, berasal dari Lingga Raja di Pak-Pak dan menetap di Bintang Meriah dan Pernantin.
4. Karo-Karo Sitepu
Merga ini menurut legenda berasal dari Sihotang (Toba) kemudian berpindah ke si Ogung-Ogung, terus ke Beras Tepu, Naman, Beganding, dan Sukanalu. Merga Sitepu di Naman sebagian disebut juga dengan nama Sitepu Pande Besi, sedangkan Sitepu dari Toraja (Ndeskati) disebut Sitepu Badiken. Sitepu dari Suka Nalu menyebar ke Nambiki dan sekitar Sei Bingai. Demikian juga Sitepu Badiken menyebar ke daerah Langkat, seperti Kuta Tepu.
5. Karo-Karo Barus
Merga Karo-Karo barus menurut cerita berasal dari Baros (Tapanuli Tengah). Nenek moyangnya “Sibelang Pinggel” (atau Simbelang Cuping) atau si telinga lebar. Nenek moyang merga Karo-Karo Barus mengungsi ke Karo karena diusir kawan sekampung akibat kawin sumbang (incest).
Di Karo ia tinggal di Aji Nembah dan diangkat saudara oleh merga Purba karena mengawini impal merga Purba yang disebut “Piring Piringen Kalak Purba”. Itulah sebabnya mereka sering pula disebut Suka Piring.
6. Karo-Karo Manik
Di Buluh Duri Dairi (Karo Baluren), terdapat Karo Manik.
Jadi total ada 18 Submarga karo-karo.

III.Peranginangin
Merga Peranginangin terbagi atas beberapa sub merga, yakni :
1. Peranginangin Sukatendel
Menurut cerita lisan, merga ini tadinya telah menguasai daerah Binje dan Pematang Siantar. Kemudian bergerak ke arah pegunungan dan sampai di Sukatendel. Di daerah Kuta Buloh, merga ini terbagi menjadi :
~ Peranginangin Kuta Buluh
Mendiami kampung Kuta Buluh, Buah Raja, Kuta Talah (sudah mati), dan Kuta Buloh Gugong serta sebagian ke Tanjung Pura (Langkat) dan menjadi Melayu.
~ Peranginangin Jombor Beringen
Merga ini mendirikan, kampung-kampung, Lau Buloh, Mburidi, Belingking,. Sebagian menyebar ke Langkat mendirikan kampung Kaperas, Bahorok, dan lain-lain.
~ Peranginangin Jenabun
Merga ini juga mendirikan kampong Jenabun,. Ada cerita yang mengatakan mereka berasal dari keturunan nahkoda (pelaut) yang dalam bahasa karo disebut Anak Koda Pelayar. Di kampung ini sampai sekarang masih ada hutan (kerangen) bernama Koda Pelayar, tempat petama nahkoda tersebut tinggal.
2. Peranginangin Kacinambun
Menurut cerita, Peranginangin Kacinambun datang dari Sikodon-kodon ke Kacinambun.
3. Peranginangin Mano
Peranginangin Mano tadinya berdiam di Bangun Mulia. Namun, Peranginangin Mano sekarang berdiam di Gunung, anak laki-laki mereka dipanggil Ngundong.
4.Peranginangin Bangun
Alkisah Peranginangin Bangun berasal dari Pematang Siantar, datang ke Bangun Mulia. Disana mereka telah menemui Peranginangin Mano. Di Bangun Mulia terjadi suatu peristiwa yang dihubungkan dengan “Guru Pak-pak Pertandang Pitu Sedalanen”. Dimana dikatakan Guru Pak-pak menyihir (sakat) kampung Bangun Mulia sehingga rumah-rumah saling berantuk (ersepah), kutu anjing (Kutu biang) mejadi sebesar anak babi. Mungkin pada waktu itu terjadi gampa bumi di kampung itu.
Akibatnya penduduk Bangun Mulia pindah. Dari Bangun Mulia mereka pindah ke Tanah Lima Senina, yaitu Batu Karang, Jandi Meriah, Selandi, Tapak, Kuda dan Penampen. Bangun Penampen ini kemudian mendirikan kampung di Tanjung. Di Batu Karang, merga ini telah menemukan merga “Menjerang” dan sampai sekarang silaan di Batu Karang bernama Sigenderang. Merga ini juga pecah menjadi :
* Keliat
Menurut budayawan Karo, Paulus Keliat, merga Keliat merupakan pecahan dari rumah Mbelin di Batu Karang. Merga ini pernah memangku kerajaan di Barus Jahe, sehingga sering juga disebut Keliat Sibayak Barus Jahe.
* Beliter
Di dekat Nambiki (Langkat), ada satu kampung bernama Beliter dan penduduknya menamakan diri Peranginangin Beliter. Menurut cerita, mereka berasal dari merga Bangun. Di daerah Kuta Buluh dahulu juga ada kampung bernama Beliter tetapi tidak ditemukan hubungan anatara kedua nama kampung tersebut. Penduduk kampung itu di sana juga disebut Peranginangin Beliter.
5. Peranginangin Pinem
Nenek moyang Peranginangin Pinem bernama “Enggang” yang bersaudara dengan “Lambing”, nenek moyang merga Sebayang dan “Utih”nenek moyang merga Selian di Pakpak.
6. Sebayang
Nenek Moyang merga ini bernama Lambing, yang datang dari Tuha di Pak-pak, ke Perbesi dan kemudian mendirikan kampung Kuala, Kuta Gerat,
Pertumbuken, Tiga Binanga, Gunung, Besadi (Langkat), dan lain-lain.
Merga Sembayang (Sebayang) juga terdapat di Gayo / Alas.
7. Peranginangin Laksa
Menurut cerita datang dari Tanah Pinem dan kemudian menetap di Juhar.
8. Peranginangin Ulunjandi menetap di desa Juhar
9.Peranginangin Penggarun
Penulis juga belum mengetahui asal-usulnya, akan tetapi Penggarun berarti mengaduk, biasanya untuk mengaduk nila (suka/telep) guna membuat kain tradisional suku karo.
9. Peranginangin Uwir menetap di singgamanik
10. Peranginangin Sinurat
Menurut cerita yang dikemukakan oleh budayawan karo bermarga Sinurat seperti Karang dan Dautta, merga ini berasal dari Peranginangin Kuta Buloh. Ibunya beru Sinulingga, dari Lingga bercerai dengan ayahnya lalu kawin dengan merga Pincawan. Sinurat dibawa ke Perbesi menjadi juru tulis merga Pincawan (Sinurat). Kemudian merga Pincawan khawatir merga Sinurat akan menjadi Raja di Perbesi, lalu mengusirnya. Pergi dari Perbesi, ia mendirikan kampung dekat Limang dan diberi nama sesuai perladangan mereka di Kuta Buloh, yakni Kerenda.
11. Peranginangin Pencawan
Nama Pincawan berasal dari Tawan, ini berkaitan dengan adanya perang urung dan kebiasaan menawan orang pada waktu itu. Mereka pada waktu itu sering melakukan penawanan-penawanan dan akhirnya disebut Pincawan.
12. Peranginangin Singarimbun
Peranginangin Singarimbun menurut cerita budayawati Karo, Seh Ate br Brahmana, berasal dari Simaribun di Simalungun. Ia pindah dari sana berhubung berkelahi dengan saudaranya. Singarimbun kalah adu ilmu dengan saudaranya tersebut lalu sampailah ia di tanjung Rimbun (Tanjong Pulo) sekarang. Disana ia menjadi gembala dan kemudian menyebar ke Temburun, Mardingding, dan Tiga Nderket.
13. Peranginangin Limbeng
Peranginangin Limbeng ditemukan di sekitar Pancur Batu. Merga ini pertama kali masuk literatur dalam buku Darwan Prinst, SH dan Darwin Prinst, SH berjudul “Sejarah dan Kebudayaan Karo”.
14.Peranginangin Benjerang menetap di Batukarang
15. Peranginangin Namoaji menetap di Kuta Buluh
16.Peranginangin Tanjung menetap di Pernampen dan Berastepu
17. Peranginangin Prasi
Merga ini ditemukan oleh Darwan Prinst, SH dan Darwin Prinst, SH di desa Selawang-Sibolangit. Menurut budayawan Karo Paulus Keliat, merga ini berasal dari Aceh, dan disahkan menjadi Peranginangin ketika orang tuanya menjadi Pergajahen di Sibiru-biru.
Jadi total ada 23 Submarga Perangin-angin.

IV. Sembiring
Merga Sembiring secara umum membagi diri menjadi dua kelompok yaitu Sembiring yang memakan anjing dan Sembiring yang berpantang memakan anjing. (saya baru tahu juga ini :D )
a. Sembiring Siman Biang
1. Sembiring Kembaren
Menurut Pustaka Kembaren, asal-usul merga ini terdiri dari Kuala Ayer Batu, kemudian pindah ke Pagaruyung terus ke Bangko di Jambi dan selanjutnya ke Kutungkuhen di Alas. Nenek moyang mereka bernama Kenca Tampe Kuala, berangkat bersama rakyatnya menaiki perahu dengan membawa pisau kerajaan bernama “Pisau Bala Bari”. Keturunannya kemudian mendirikan kampung Silalahi, Paropo, Tumba dan Martogan.
Dari sana kemudian menyebar ke Liang Melas, saperti Kuta Mbelin, Sampe Raya, Pola Tebu, Ujong Deleng, Negerijahe, Gunong Meriah,
Longlong, Tanjong Merahe, Rih Tengah dan lain-lain. Merga ini juga tersebar luas di Kab. Langkat saperti Lau Damak, Batu Erjong-Jong,
Sapo Padang, Sijagat, dll.
2. Sembiring Keloko
Menurut cerita, Sembiring Keloko masih satu keturunan dengan Sembiring Kembaren. Merga Sembiring Keloko tinggal di “Rumah Tualang”, sebuah desa yang sudah ditinggalkan antar Pola Tebu dengan Sampe Raya. Merga ini sekarang terbanyak tinggal di Pergendangen, beberapa keluarga di Buah Raya dan Limang.
3. Sembiring Sinulaki
Sejarah merga Sembiring Sinulaki dikatakan juga sama dengan sejarah Sembiring Kembaren, karena mereka masih dalam satu rumpun. Merga  Sinulaki berasal dari Silalahi.
4. Sembiring Sinupayung
Merga ini menurut cerita bersaudara dengan Sembiring Kembaren. Mereka ini tinggal di Juma Raja dan Negeri.
Keempat merga ini boleh memakan anjing sehingga disebut Sembiring Siman Biang.
b. Sembiring Singombak
Konon salah seorang nenek moyang merga Sembiring pernah dikejar musuhnya kemudian menyelamatkan diri dengan menceburkan diri ke sebuah sungai dan hampir tenggelam. Seekor anjing kemudian menyelamatkan orang itu dan membawanya ke seberang. Mulai dari situ sungai tersebut dinamakan Lau Biang dan Merga Sembiring Singombak berjanji untuk pantang makan daging anjing. Dan juga ada kebiasaan menghanyutkan abu-abu jenasah keluarganya yang telah meniggal dunia dalam perahu kecil melalui Lau Biang (Sungai Wampu) yang konon dipercaya di lautan luas akan bertemu dengan sungai Gangga India yang dianggap suci itu.
Adapun kelompok merga Sembiring Singombak tersebut adalah sebagai berikut:
1. Sembiring Brahmana
Menurut cerita lisan Karo, nenek moyang merga Brahmana ini adalah seorang keturunan India yang bernama “Megit”dan pertama kali tinggal
di Talu Kaban. Anak-anak dari Megit adalah, Mecu Brahmana yang keturunannya menyebar ke Ulan Julu, Namo Cekala, dan kaban Jahe.
2. Sembiring Guru Kinayan
Sembiring Guru Kinayan terjadi di Guru Kinayan, yakni ketika salah seorang keturunan dari Mbulan Brahmana menemukan pokok bambo bertulis (Buloh Kanayan Ersurat). Daun bambo itu bertuliskan aksara Karo yang berisi obat-obatan. Di kampung itu menurut cerita dia mengajar ilmu silat (Mayan) dan dari situlah asal kata Guru Kinayan (Guru Ermayan). Keturunannya kemudian menjadi Sembiring Guru Kinayan.
3. Sembiring Colia
Merga Sembiring Colia, juga menurut sejarah berasal dari India, yakni kerajaan Cola di India. Mereka mendirikan kampung Kubu Colia.
4. Sembiring Muham
Merga ini juga dikatakan sejarah, berasal dari India, dalam banyak praktek kehidupan sehari-hari merga ini sembuyak dengan Sembiring Brahmana, Sembiring Guru Kinayan, Sembiring Colia, dan Sembiring Pandia. Mereka inilah yang disebut Sembiring Lima Bersaudara dan itulah asal kata nama kampung “Limang”. Menurut ahli sejarah karo. Pogo Muham, nama Muham ini lahir, ketika diadakan Pekewaluh di Seberaya karena perahunya selalu bergempet (Muham).
5. Sembiring Pandia
Sebagaimana sudah disebutkan di atas, bahwa merga Sembiring Pandia, juga berasal dari kerajaan Pandia di India. Dewasa ini mereka umumnya tinggal di Payung.
6. Sembiring Keling
Menurut cerita lisan karo mengatakan, bahwa Sembiring Keling telah menipu Raja Aceh dengan  mempersembahkan seekor Gajah Putih. Untuk itu Sembiring Keling telah mencat seekor kerbau dengan tepung beras. Akan tetapi naas, hujan turun dan lunturlah tepung beras itu, karenanya terpaksalah Sembiring Keling bersembunyi dan melarikan diri. Sembiring Keling sekarang ada di Raja Berneh dan Juhar.
7. Sembiring Depari
Sembiring Depari menurut cerita menyebar dari Seberaya, Perbesi sampai ke Bekacan (Langkat). Mereka ini masuk Sembiring Singombak, di daerah Kabupaen Karo nama kecil (Gelar Rurun) anak laki-laki disebut Kancan, yang perempuan disebut Tajak. Sembiring Depari kemudian pecah
menjadi Sembiring Busok. Sembiring Busok ini terjadi baru tiga generasi yang lalu. Sembiring Busok terdapat di Lau Perimbon dan
Bekancan.
8. Sembiring Bunuaji
Merga ini terdapat di Kuta Tengah dan Beganding.
9. Sembiring Milala
Sembiring Milala, juga menurut sejarah berasal dari India, mereka masuk ke Sumatera Utara melalui Pantai Timur di dekat Teluk Haru. Di Kabupaten Karo penyebarannya dimulai dari Beras Tepu. Nenek moyang mereka bernama Pagit pindah ke Sari Nembah. Merka umumnya tinggal di kampung-kampung Sari Nembah, Raja Berneh, Kidupen, Munte, Naman dan lain-lain. Pecahan dari merga ini adalah Sembiring Pande Bayang.
10. Sembiring Pelawi
Sejarah mengatakan,bahwa Sembiring Pelawi diduga berasa dari India (Palawa). Pusat kekuasaan merga Pelawi di wilayah Karo dahulu di Bekancan. Di Bekancan terdapat seorang Raja, yaitu “Sierkilep Ngalehi”, menurut cerita, daerahnya sampai ke tepi laut di Berandan, seperti Titi Pelawi dan Lau Pelawi. Di masa penjajahan Belanda daerah Bekancan ini masuk wilayah Pengulu Bale Nambiki. Kampung-kampung merga Sembiring Pelawi adalah : Ajijahe, Kandibata, Perbesi, Perbaji, Bekancan dan lain-lain.
11. Sembiring Sinukapor
Sejarah merga ini belum diketahui secara pasti, mereka tinggal di Pertumbuken, Sidikalang, dan Sarintonu.
12. Sembiring Tekang
Sembiring Tekang dianggap dekat / bersaudara dengan Sembiring Milala. Di Buah Raya, Sembiring Tekang ini juga menyebut dirinya Sembiring Milala. Kedekatan kedua merga ini juga terlihat dari nama Rurun anak- anak mereka. Rurun untuk merga Milala adlah Jemput (laki-laki di Sari Nembah) / Sukat (laki-laki di Beras Tepu) dan Tekang (wanita). Sementara Rurun Sembiring Tekang adlah Jambe (laki-laki) dan Gadong (perempuan). Kuta pantekennya adalah “Kaban”, merga ini tidak boleh kawin-mengawin dengan merga Sinulingga, dengan alasan ada perjanjian, karena anak merga Tekang diangkat anak oleh merga Sinulingga.

V. Tarigan
Ada cerita lisan (Darwin Prinst, SH. “Legenda Merga Tarigan” dalam bulletin KAMKA No. 010/Maret 1978) yang menyebutkan merga Tarigan ini tadinya berdiam di sebuah Gunung, yang berubah mejadi Danau Toba sekarang. Mereka disebut sebagai bangsa Umang. Pada suatu hari, isteri manusia umang Tarigan ini melahirkan sangat banyak mengeluarkan darah. Darah ini, tiba-tiba menjadi kabut dan kemudian jadilah sebuah danau. Cerita ini menggambarkan terjadinya Danau Toba dan migrasi orang Tarigan dari daerah tersebut ke Purba Tua, Cingkes, dan Tongtong Batu. Tiga orang keturunan merga Tarigan kemudian sampai ke Tongging yang waktu itu diserang oleh burung “Sigurda-Gurda”
berkepala tujuh. Untuk itu Tarigan memasang seorang anak gadis menjadi umpan guna membunuh manok Sigurda-gurda tersebut. Sementar di bawah gadis itu digali lobang tempat sebagai benteng merga Tarigan.
Ketika burung Sigurda-gurda datang dan hendak menerkam anak gadis
itu, maka Tarigan ini lalu memanjat pohon dan menyumpit (eltep) kepala burung garuda itu. Enam kepala kena sumpit, akan tetapi satu kepala tesembunyi di balik dahan kayu. Salah seorang merga Tarigan ini lalu memanjat pohon dan menusuk kepala itu dengan pisau. Maksud cerita ini mungkin sekali, bahwa pada waktu itu sedang terjadi peperangan, atau penculikan anak-anak gadis di Tongging. Pengulu Tongging merga Ginting Manik lalu minta bantuan kepada merga Tarigan untuk mengalahkan musuhnya tersebut. Beberapa generasi setelah kejadian ini, tiga orang keturunan merga Tarigan ini diberi nama menurut keahliannya masing-masing, yakni ; Tarigan Pertendong (ahli telepati), Pengeltep (ahli menyumpit) dan Pernangkih-nangkih (ahli panjat). Tarigan pengeltep kawin dengan beru Ginting Manik.
Diadakanlah pembagian wilayah antara penghulu Tongging dengan Tarigan Pengeltep. Tarigan menyumpitkan eltepnya sampai ke Tongtong Batu. Tarigan lalu pergi kesana, dan itulah sebabnya pendiri kampung (Simantek Kuta) di Sidikalang dan sekitarnya adalah Tarigan (Gersang). Tarigan Pertendong dan Tarigan Pernangkih-nangkih tinggal di Tongging dan keturunannya kemudian mejadi Tarigan Purba, Sibero, dan Cingkes, baik yang di Toba maupun yang di Simalungun. Beberapa generasi kemudian berangkatlah dua orang Merga Tarigan dari Tongtong Batu ke Juhar, yang kemudian di Juhar dikenal sebagai Tarigan Sibayak dan Tarigan Jambor Lateng. Tarigan Sebayak mempunyai nama rurun Batu (laki-laki) dan Pagit (perempuan). Sementara nama rurun Tarigan Jambor Lateng adalah Lumbung (laki-laki) dan Tarik (perempuan). Kemudian datang pulalah Tarigan Rumah Jahe dengan nama rurun Kawas (laki-laki) dan Dombat (wanita).

Adapun cabang-cabang dari merga Tarigan ini adalah sebagai berikut :
1. Tarigan Tua, kampong asalnya di Purba Tua dekat Cingkes dan
Pergendangen ;
2. Tarigan Bondong, di Lingga ;
3. Tarigan Jampang, di Pergendangen ;
4. Tarigan Gersang, di Nagasaribu dan Beras Tepu ;
5. Tarigan Cingkes, di Cingkes ;
6. Tarigan Gana-gana, di Batu Karang ;
7. Tarigan Peken (pecan), di Sukanalu dan Namo Enggang ;
8. Tarigan Tambak, di Kebayaken dan Sukanalu ;
9. Tarigan Purba, di Purba ;
10. Tarigan Sibero, di Juhar, Kuta Raja, Keriahen Munte, Tanjong
Beringen, Selakar, dan Lingga ;
11. Tarigan Silangit, di Gunung Meriah (Deli Serdang) ;
12. Tarigan Kerendam, di Kuala, Pulo Berayan dan sebagian pindah ke
Siak dan menjadi Sultan disana ;
13. Tarign Tegur, di Suka ;
14. Tarigan Tambun, di Rakut Besi dan Binangara ;
15. Tarigan Sahing, di Sinaman
Berdasarkan Keputusan Kongres Kebudayaan Karo. 3 Desember 1995 di Sibayak Interntional Hotel Berastagi merekomendasikan, agar pemakaian merga berdasarkan “merga silima”, yaitu ;
1. Ginting
2. Karo-Karo
3. Peranginangin
4. Sembiring, dan
5. Tarigan
Sementara sub merga, dipakai di belakang merga, sehingga tidak terjadi kerancuan mengenai pemakaian merga dan sub merga tersebut.
  • TUTUR

Tutur seperti yang telah dijelaskan diatas merupakan tingkat kekerabatan atau nama kekerabatan satu sama lain, namun untuk itu kita harus membahas terlebih dahulu hal-hal yang mendasari tutur tersebut.
~RAKUT SI TELU
Rakut Sitelu atau dalam arti harafiah tiga pengikat atau juga disebut daliken sitelu artinya 3 batu tungku api (dalam suku batak Toba disebut dalihan na tolu) . Arti rakut sitelu tersebut adalah sangkep nggeluh (kelengkapan hidup) bagi orang Karo. Kelengkapan yang dimaksud adalah lembaga sosial yang terdapat dalam masyarakat Karo yang terdiri dari tiga kelompok, yaitu:
Kalimbubu
Anak Beru
Senina
Ketiga rakut diatas dapat dibagi lagi kedalam sub-sub bagian masing yakni :
1. Kalimbubu
Kalimbubu dapat didefenisikan sebagai keluarga pemberi istri jadi keluarga pihak ibu merupkan kalimbubu bagi pihak pria. Kalimbubu sering juga di sebut sebagai dibata ni idah (atau tuhan yang kasat mata) sehingga harus hormat kepada pihak kalimbubu atau mehamat erkalimbubu. Dapat dibagi lagi menjadi :
  • Kalimbubu tua/kalimbubu bena-bena
  • Kalimbubu simupus/kalimbubu dareh
  • Kalumbubu Kampah
  • Kalimbubu simajek dalikan
  • Kalimbubu siperdemui
  • Kalimbubu sembuyak
  • Kalimbubu taneh/Kalimbubu sinajek lulang
  • Puang Kalimbubu/ Kalimbubu dari kalimbubu
  • Puang ni puang/Kalimbubu dari puang kalimbubu
2. Senina
Senina merupakan keluarga satu garis keturunan atau semarga atau hubungan lain yang semarga. Dapat kita kelompokkan menjadi :
  • Sembuyak
  • Senina Siparibanen
  • Senina Sipemeren
  • Senina Sipengalon
  • Senina Sicimbangen
3. Anakberu
Anakberu merupakan keluarga yang mengambil  isteri atau pihak mempelai pria. Anakberu dapat kita bagi lagi menjadi beberapa sub bagian:
  • Anakberu Ipupus/anakberu dareh
  • Anakberu Iangkip
  • Anakberu Sincekuh baka tutup
  • Anakberu Tua
  • Anakberu Singerana/sirunggu/singerakut bide
  • Anakberu Menteri
  • Anakberu Singikuri
  • Anakberu Singikuti
Untuk penjelasan detail ketiga sangkep nggeluh diatas akan dilanjutkan kemudian :) maaf referensi masih terbatas :D
~TUTUR SI WALUH
Nah tibalah kita pada terombo, Tutur siwaluhadalah konsep kekerabatan masyarakat Karo, yang terdiri dari delapan golongan tutur:

  • Kalimbubu
    Yaitu keluarga dari mempelai wanita
  • Puang kalimbubu
    Yaitu Kalimbubu dari Kalimbubu
  • Senina
    Yaitu kelurga semarga
  • Sukut/Sembuyak
    Yaitu keluarga sedarah saudara kandung namun biasa juga di pakai untuk keluraga satu sub marga.
  • Senina Sipemeren
    Yaitu Saudara karena ibu mereka bersaudara atau saudara satu bere-bere.
  • Senina sepengalon/sedalanen
    Yaitu orang yang bersaudara karena mempunyai anak-anak yang memperisteri dari beru yang sama.
  • Anak beru
    Yaitu keluarga yang mengambil  isteri atau pihak mempelai pria
  • Anak beru menteri
    Yaitu anak beru dari anak beru.
~PERKADE-KADEN SEPULUH DUA TAMBAH SADA
Saya juga kurang paham kenapa disebut Perkade-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada (kekerabatan dua belas tambah satu) kok ga disebut Perkade-kaden sepuluh Telu aja atau kekerabatan tiga belas, hahaha
tapi sudah lah, Ke-13 kekerabatan/Perkade-kaden itu antara lain :
  1. Bapa
  2. Nande
  3. Anak
  4. Nini
  5. Bulang
  6. Kempu
  7. Bengkila
  8. Bibi
  9. Permen
  10. Mama
  11. Mami
  12. Bere-bere
  13. Teman Meriah
Sebenarnya penjelasan diatas masih perlu banyak penyempurnaan dan penjelasan yang lebih detail yang saya sendiri kurang paham, :) tapi kedepan akan coba saya perbaiki satu per satu, kalau ada input silahkan di comment saja, saya akan sangat menghargai jika ada masukan dan koreksi yang membangun :) , Mejuah-juah. Tuhan masu-masu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar